Monday, September 25, 2017

# PHP # Tutorial

[Tutorial] Cara Mudah Untuk Koneksi Ke Databases Dengan PHP

Asslamualaikum Guys.... Balik lagi bersama saya Ramadhany si programer ganteng... Nah,, kali ini saya ingin berbagi ilmu lagi tentang "Cara Mudah Untuk Koneksi Ke Databases"... Mau tau gimana caranya... Ok, dari pada penasaran.. langsung aja kita ikuti langkah-langkahnya...

Berikut adalah langkah-langkahnya :

Pertama....

Pastikan XAMPP anda sudah terhubung... jika kalian belum punya XAMPP nya.... saya sudah sediakan link nya di bawah sini... 


Kedua....

Buka browser kalian... lalu buka Php MyAdmin nya Php MyAdmin.... Setelah di buka link nya... akan muncul seperti gambar di bawah ini



Ketiga....

Langkah selanjutnya.. Buatlah sebuah databases sesuai keinginan kalian.... Sebagai Contoh... Disini saya memberi nama databases nya adalah "contoh1"..... Berikut adalah gambar untuk membuat databases



Keempat....

Setelah kalian membuat databases baru... langkah selanjutnya adalah membuat koneksi ke databases... disini saya menggunakan Sublime Text untuk mengkoneksian ke databases nya.... Bila kalian belum memiliki Sublime text.. saya sudah sediakan link untuk di download

Link Untuk Download Sublime Text

Langkah-Langkah

A. Install terlebih dahulu Sublime text nya... 

B. Jika sudah terisntall... buka sublime text yang sudah kamu install


C. Nah... langkah berikutnya adalah... kalian buat sebuah foldet di htdocs.... beri nama folder susuai keinginan kalian... Sebagai contoh, saya memberi nama folder nya adalah "contoh1"...


D. Nah.. sekarang kita kembali ke sublime nya... Buat file di sublime text yaitu koneksi.php...  Dan di bawah ini adalah sebuah kode untuk mengkoneksi ke databases nya...



E. Setelah di buat file nya dan di buat kode nya.... Tahap selanjutnya adalah simpan file koneksi.php di folder "contoh1".... Berikutnya.. kalian test di browser kalian.. apakah sudah terkoneksi apa belum

API koneksi.php = http://localhost/contoh1/koneksi.php

F. Berikut adalah hasil yang telah terkoneksi di Browser anda..






   Jika Kalian punya Postman... kalian bisa test koneksi di situ... bila kalian belum punya Posman.. kalian bisa klik link di bawah ini untuk download Postman nya






Download Postman


Sekian ilmu yang telah saya berikan... Semoga bermanfaat bagi kita semua... Karena berbagi itu indah.. Apabila ada kesalahan kata-kata mohon di maafkan... Karena saya masih dalam tahap pembelajaran.... 

Wassalamualaikum Warahatullah Wabarakatuh :) :) Salam Koding ;) ;) 






















No comments:

Post a Comment